Pages

Thursday, December 15, 2016

*~* Warna-Warni Breastpump *~*

Assalamualaikum,

Udah bahas botol ASIP tapi belum lengkap rasanya kalo breastpump / pompa asi belum dibahas tuntas.
Pembahasan breastpump kali ini hanya yang pernah saya gunakan dan pernah saya denger dan lihat sendiri teman saya menggunakannya ya, di luar itu saya gak tau.

Penting banget cari tahu sebelum membeli breastpump ini, karna harganya gak murah seharusnya kita beli trus langsung cocok, iya kan? Saya sendiri dulu sebelum beli breastpump tanya-tanya dulu sama suhu perpumpingan sama baca-baca di internet review orang lain soal brestpump. Itu pun saya masih sempat ganti breastpump karna mengira gak cocok padahal memang hasilnya masih sedikit.hehehe

Setau saya ada dua jenis breastpump, manual dan elektrik. Manual mompanya pake tuas, elektrik mompa sendiri dengan bantuan listrik. Overall kelebihan manual adalah lebih simple dan gak ketergantungan sama listrik, kekurangannya ya olah raga tangan dikit lah. Kelebihan elektrik gak capek mompanya bisa sambil pegang henpon botol udah penuh, kekurangannya bawaan jadi ribet karna mesti bawa mesin sama chargernya juga. Listrik mati juga gak bisa mompa kecuali ada stok baterai..

Berikut kita bahas satu-satu breastpump nya ya (ini yang saya tau aja)
1. Medela Harmony



 Medela harmony ini adalah breastpump sejuta momies kece in the world. Ini paling banyak digunakan untuk breastpump manual. Harganya untuk breastpump seperti gambar diatas sekitar RP.600.000. Ada lagi medela harmony light tanpa calma atau dot. Harga yang lights saya beli Rp.465.000. Cuma beda warna tuas dengan medela harmony dan gak dikasih calma atau dot medela . Lumayan hemat harga.

Kelebihan medela harmony  yang tidak dimiliki oleh breastpump manual lain adalah tuasnya bisa dua fungsi, bagian ujung tuas yang pendek bisa untuk massage sebelum pumping, sedangkan bagian yang panjang untuk memompa.Medela ini  gampang dibersihkan karna tiap part bisa di pretelin.



Bagian botol medela cukup banyak, tapi rata-rata breastpump parts nya begini. Yang perlu diperhatikan pada medela adalah parts valve dan membran. Bawaan asli dari medela bakalan ngasih satu membran cadangan, karna membran ini gampang sobek. Ada baiknya selalu sedia membran cadangan di tas. Apalah arti medela tanpa membrannya karna gak bisa narik.

2.  Medela mini elektrik

Medela Minel
Ini merupakan salah satu jenis medela elektrik, perbedaan bentuk Medela minel dengan medela harmony ada pada konektornya. Untuk konektor Minel tidak dapat dipasang tuas atau pun di pakai medela elektrik jenis lain. Medela Minel ini berisik saat pumping. Minel ini juga masih menggunakan open system yang artinya kemungkinan asip bisa masuk ke mesin dan merusak mesin. Herganya sekitar RP.1.000.000,-

3. Medela Swing


Medela swing
Medela swing ini harganya sekitar Rp.1.700.000,- Kelebihannya gak capek, gak berisik (gak seberisik minel) cuma ada suara "not not ", daya tarik bisa diatur, ada juga tombol buat mijitnya. Keren yaaa... Ada  harga ada barang moms. Cuma kalo bawa ini ke kantor ya lumayan gede moms bawaannya.

Kelebihan dari medela :
  • Parts bisa dipretelin jadi gampang dibersihkan
  • Tarikannya lumayan kuat
  • Bahannya ringan
  • Tuas bisa dua fungsi yaitu untuk mijit sama mompa (ini cuma medela yang punya)
  • Konektor untuk tuas dan elektrik sama jadi bisa digunakan bergantian. (kecuali Minel)
  • Banyak botol yang cocok dengan konector medela, jadi kalo mau langsng pakai botol baby pack saat pumping bisa.
Kekurangan dari Medela :
  • Membran dan diafragma riskan robek
  • Valve sedikit susah dicopot sehingga rentan patah saat ditarik
  • tidak memiliki tutup corong sehingga saat jeda sebentar penggunaannya mesti disumpel tisu biar tetep steril

4. Avent Philips

Ini breastpump favorite saya karna mampu beli sampe ini doank :D. Avent ini gak setinggi breastpump lainnya. Jadi kalo bawa cooler bag kecil masih bisa. Bagusnya avent menurut saya memiliki membran pada corong yang fungsinya buat mijit. Valve dengan membran menyatu dan terbuat dari bahan karet sehingga gak gampang robek. Memiliki tutup corong jadi jeda mompa bisa di tutup corongnya. Meskipun tanpa bottle stand avent ini bisa berdiri dengan kokoh karena botolnya lebar. Saat membeli breastpump ini akan mendapatkan dot avent dan di kasih breast pad night and day. Hrganya sekitar Rp.670.000,-

parts of avent

Kelebihan avent
  • memiliki tutup corong jadi gak perlu repot-repot sumple tisu lagi
  • corong dengan konektor digabung jadi lebih ringkes
  • memiliki bantalan empuk di corong
  • Valve terbuat dari karet dan ada ujung buat melepasnya sehingga membran gak gampang rusak
Kekurangan Avent :
  • Spare partnya lumayan mahal
  • botol gak bisa diganti dengan botol selain punya avent
  • diafragma suka kemasukan asi dan jadi berbunyi

5.Pigeon


PIGEON MANUAL

Pigeon manual ini dari parts hampir sama dengan avent, sama-sama memiliki membran di corong, memiliki tutup corong dan valve dengan membaran nyatu didalamnya semua dari bahan karet. Jadi valve pigeon juga awet. Pigeon ini juga salah satu favorite busui. Tutup corong juga bisa jadi bottle stand. Karna corong yang agak panjang jadi kalo tanpa bottle stand berdirinya gak kokoh. Salah satu kelebihan pigeon lagi botol bisa diganti dengan botol lainnya atau botolnya memiliki mulut standar. Harganya sekitar Rp.400.000,-
pigeon manual model baru

ini maual model baru, kelebihannya bisa ganti corong.

6. Spectra 9s

spectra 9s

Ada banyak jenis spectra tapi yang Spectra 9s ini lagi hits banget. Ini brand korea kalo gak salah. Jenisnya elektrik dan mesinnya cukup kecil dan double pump jadi bisa langsung barengan pumping kiri kanan. Spectra 9s ini sudah menggunakan close system yaitu asi gak mungkin masuk ke mesin atau ke selangnya. Mesin dari spectra 9s ini juga gak berisik, bisa menggunakan batrai yang dicharge ulang jadi gak perlu bawa chaarger. Pada Spectra 9s ini juga disediakan fasilitas pijit sebelum pumpingnya. Harganya hampir Rp.2.000.000.

7. Tommee tippee

tommee tippee manual

Ini jarang yang pakai tapi pernah liat temen pakai ini, cuma teman saya pakainya gak lama karena diafragmanya kurang narik. Tapi ini bentuknya beda dari yang lain. Corongnya super gede dan botolnya juga gede.

8. Unimom



Secara parts semua breaspump hampir sama. Cuma bedanya ada yang pakai bottle stand dan ada yang memiliki tutup corong. Unimom ini juga memiliki membran di corong seperti avent, valvenya dari bahan karet jadi aman dan gampang di pretelin. Bottle stand buat pompa ini harus di bawa karna corong yang panjang membuat breastpump ini gak kokoh tanpa bottle stand. Tutup diatas tuas itu sebenarnya gak dipakai gak masalah, gak ada ngaruhnya. Botolnya juga bisa diganti dengan botol lain dengan mulut standar. Harganya sekitar RP.300.000,-

Ternyata bahas breastpump yang saya tau aja bisa sepanjang ini dan butuh waktu lama. Semoga bermanfaat ya moms. Katanya breastpump ini cocok-cocokan, semoga sekali beli langsung cocok ya. Karena cocok-cocokan ini juga banyak yang jual prelovednya lho. Lumayan baru dipakai sekali dua kali bisa hemat seratus dua ratus ribu (jiwa emak-emak). Kalo mau sewa juga ada, tinggal di cari instagram biasanya banyak yang menyewakan breastpump. Hitung-hitung sewa dulu biar tau cocok atau gak.

Sekalin dulu ya. semoga bermanfaat. ini berdasarkan pengalaman aja.

*foto source : google
\





No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com