Pages

Thursday, November 17, 2016

*~* Botol Penyimpan ASIP *~*

Assalamualaikum...

Mumpung lagi sepi kerjaan and it's Friday that means freeday :D, Mari kita bahas beberapa hal yang gak begitu penting biar blog saya kelihatan ada yang punya :D

Buat nyimpen ASIP (Air Susu Ibu Perah) bisa pakai botol atau plastik khusus ASIP. Semua kembali lagi sesuai kebutuhan karena ada kekurangan dan kelebihannya. Kalau menggunakan plastik ASIP bisa muat banyak di freezer, bawanya juga gak berat. Kalo menggunakan botol nyimpennya makan tempat tapi hemat karna bisa di pakai kembali.

Botol ASIP sendiri ada beberapa jenis, berikut akan dibahas beberapa botol ASIP  dengan kelebihan dan kelemahan kalo bisa berikut harganya.

1. Botol Vial

botol vial 100 ml
Botol vial ini muatnya 100 ml, ada juga botol vial 50 ml. Tutupnya bahan karet
Kekurangannya :
* cuma ada tanda untuk ukuran 100 ml atau 50 ml. Jadi kalo diisi setengah gak ketahuan itu berapa ml
* Diisi lebih dari seratus ml sedikit saja beresiko tutup karet bakalan lepas, asi bisa tumpah di cooler bag saat di bawa pulang. Atau tutup karet bakalan loncat dari botolnya saat masuk freezer.
* Mulut botol kecil sehingga nuang asip mesti hati-hati

 Di sarankan kalo menggunakan botol ini, di isi kurang sedikit 100 ml biar aman.


botol vial 50 ml
 Untuk harga, botol vial 100 ml kondisi baru +-Rp.4.600, 50 ml +-Rp.2.500

2. Botol BKA
Botol BKA hampir sama dengan botol vial, isinya cuma ada 100 ml, tutup karet dengan tulisan BKA di atasnya. Bedanya botol BKA menuliskan rincian takaran pada botol. jadi kalo diisi gak penuh bisa kelihatan isinya berapa ml.
Harganya sekitar RP. 54.000,- per 8 botol. Botol BKA ini dijual satu dus isi 8 dengan berat 1 kg. Jadi ini jualnya gak satuan.

3. Botol UC

botol uc
Botol ini merupakan botol rekondisi dari botol UC 1000, isinya 120 ml dengan menggunakan tutup ulir dan tutup kecil dulu di dalamnya. Harganya cukup murah hanya RP.35.000 satu dus isi 20 botol.
Kekurangan :
* Gak ada takaran atau tanda berapa isi di botol. jadi cuku di patok di botol pompa asi aja
* Mulut botol yang kecil bahkan lebih kecil lagi dari mulut botol vial dan botol BKA sehingga nuang asip ke botol ini meski hati-hati.
* Botol ini juga sulit untuk dibersihkan

Kelebihannya :
* Botol ini tutupnya gak gampang terbuka seperti botol vial dan bka, sehingga dalam perjalanan pulang meski di isi diatas 120 ml tidak akan tumpah di cooler bag
* Harganya murah

4. Botol RBS
Botol RBS ini warnanya bagus, isinya 120 ml, botol ini seperti adiknya botol baby pack. Terdapat tulisan  takaran yang jelas. Mulut Botolnya juga gede. Botol ini terdapat tutup lagi di luarnya yang bikin botol ini tinggi. Kalo saya tutup luar ini gak dipake karna bikin penuh cooler bag. Tanpa tutup luar pun, botol ini  aman dari bencana tumpah. Harganya ini lumayan mahal, sekitar Rp.85.000 /satu dus isi 4 botol. jadi 1 botolnya sekitar Rp.20.000-an.

5.Botol Baby Pack

Botol baby pack ini ada dua jenis, kayaknya produk baru dan produk lama. Ukuran dan bentuknya sama cuma botol baby pack yang baru lebih colorfull dan ditambah dengan tulisan-tulisan penyemangat ibu-ibu pumping.
model lama baby pack

bentuk unyu yang baru

 Botol baby pack ini isi normalnya kalo ingin dibekukan 150 ml, tapi bisa di isi 200 ml kalo tidak dibekukan. Tulisan di botol bikin semangat :D. Saya beli ini karena tulisannya :D. Mulut botol juga lumayan gede jadi gampang di tuang dan dibersihkan. Harganya hampir sama dengan botol RBS yaitu sekitar RP.100.000.- per dus isi 5 botol. sekitar Rp.20.000.- per botol.

Karena kalo niat buat asi 2 tahun botol yang dibutuhkan juga gak sedikit, kalo bisa beli rekondisi lebih murah sebenarnya lebih baik. Botol kaca ini bisa di steril dulu sebelum di pakai, lumayan bisa hemat

 Inilah para botol yang lazim digunakan. Ada juga yang pakai jar kayak jar selai tapi gak banyak. Selain bisa dipakai berulang-ulang botol ini saat MPASI juga bisa di gunakan untuk menyimpan kaldu.

Referensi lagi nih moms kalo ada yang nanya mau di kado apa? hehehe...

Sekian dulu yaa



No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com