Pages

Thursday, November 17, 2016

Perlengkapan Perang Per-Pumping-an

Assalamualaikum.

Perlengkapan perang ini khusus ibu-ibu bekerja yang ninggalin anak seharian tapi pengen anak dapat asi. Perlengkapan perang ini bukan must have item ya. Ini depend on emak-emaknya. Mau dibikin se simple mungkin, mau nge-hits, mau biasa-biasa aja yang penting happy moms.

1. Pompa Asi
 Mau pumping yang pertama dan utama ya pompanya ya. Terserah mau pilih yang manual atau elektrik, yang harga murah, sedeng atau mahal, sesuai kemampuan dan sesuai kebutuhan.
Pompa ini juga cocok-cocok kan ya,  ada yang dapat asi dikit malah ganti pompa padahal segitu aja (itu saya hehehe) ada yang liat di orang enak pengen ganti juga, gak mau capek dari manual ganti ke elektri juga bisa.
Ini contoh pompa yang bias di pake sejuta ibu-ibu
medela

pigeon
Ini yang paling banyak di pake untuk pompa manual. Harganya medela kisaran 500 ribuan, pigeon sekitar 350-400 ribu.
Untuk pompa elektrik ini juga paling diminati, harganya sekitaran 1,7 juta.
spectra
Ini pompa elektrik yang lagi hits. double pump harganya sekitar 2 juta.

2. Wadah Penyimpan Asi
Untuk menyimpan asi bisa menggunakan plastik asi atau botol kaca. Plastik asi ada banyak merk dan jenisnya dengan kekurangan dan kelebihannya.
salah satu kantong asi
botol kaca

3. Cooler Bag
 Cooler bag ini akan jadi bawaan wajib saat ibu-ibu pumping, pouch make up boleh ketinggalan tapi cooler bag gak boleh lupa. Gak make up an seharian paling cuma kucel tapi gak pumping seharian bisa demam karna dada bengkak
Semua cooler bag sudah dikasih ice gel di dalamnya. cooler bag dan ice gelnya satu paket yang gak boleh dipisah. Karna ice gel suka disimpan di kulkas jadi suka lupa masukin ke tas pas ke kantor, kalo lupa alamat asi mesti nginap dulu di kulkas kantor karna asi mesti di bawa dalam kondisi dingin.

4.Freezer
Kalo stok asi banyak, mudah-mudahan banyak yaaa.. frezer ini mesti ada, frezer kulkas 1 pintu cuma bisa buat nampung asi selama 2 minggu. Frezer kulkas 2 pintu bisa 3-6 bulan. Frezer khusus asi bisa 6 bulan. Untuk kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sudah ada jasa sewa freezer asi, sebulan Rp.150.000.
Frezer ini ada dua jenis, ada bukaan depan yang seperti kulkas biasa, ada juga yang seperti frezer ice cream. Lebih enak natanya kalo pakai kulkas bukaan depan.
freezer sewaan
 5. Sterilizer
Sterilizer buat saya ngebantu banget. Karna saya kerja otomatis anak siang nyusunya pakai media lain seperti dot. Alat pumping dan botol kaca juga perlu disterilkan Bisa aja sih dengan rebus botol di panci cuma agak ribet aja karna ini bakalan rutin dikerjain tiap hari .
Sterilizer merk Panasonic ini merupakan dry sterilizer. Setelah botol,  dot dan perlengkapan pumping dicuci bersih tinggal taro disini. Sterilizer ini akan memanaskan botol dan keluar udah kering. Panasonic ini muatnya banyak, saat anak MPASI ini juga bisa sekalian sterilin perlengkapan MPASI. Ini wattnya lumayan gede 350watt. Penggunaaannya paling cuma 3 menit Harganya sekitar Rp.750.000,-
merk : panasonic



Kalo sterilizer merk crown merupakan salah satu steam sterilizer, jadi sebelum digunakan taro air dulu baru diuap. hasilnya keluar dari sini masih basah sehingga ada tugas baru yaitu ngeringin botol dan kawan-kawannya menggunakan tisu. Rata-rata steam sterilizer muatnya gak banyak. Harganya untuk merk crown sekitar Rp.200.000. Watt nya juga gede tapi kan pakenya cuma 20-30 menit.
merk : crown


5.Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan lainnya disini maksudnya yang kecik-kecik kayak pulpen atau spidol permanen buat nandain tangal dan jam pumping, label juga diperlukan kalo nyimpennya pakai botol kaca, tisu dan hand sanitizer.

Untuk lebih jelasnya nanti ada item yang akan di bahas lebih detail ya...

Jadi kalo sekarang masih menunggu kelahiran, trus ada temen yang nanya "mau dikadoin apa?" ini bisa jadi referensi. Lumayan kan yaaa hahaha

*foto kebanyakan diambil dari google yaa

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com