Pages

Thursday, November 3, 2016

* Menyusui Itu Bukan Kewajiban Tapi Pilihan *

Assalamualaikum,

Buka blog sesuka hati, dan yang ditulis juga sesuka hati. Kali ini saya ingin bahas beberapa hal berdasarkan pengalaman pribadi soal menyusui atau breasfeeding.

Pembahasan tentang menyusui ini bisa sangat panjang nanti akan kita bahas detail di postingan berikutnya.

Punya anak bayi baru lahir itu punya segudang cerita, perubahan hidup seorang wanita yang berubah 180 derajat, yang biasa mandi bersih sekarang sempat mandi pun udah senang, yang biasa tidur siang sekarang boro-boro tidur siang tidur malam aja terbatas, tapi disinilah seninya.

Saat si anak bayi baru lahir biasanya asi baru mulai keluar sangat sedikit, dan kadang ada yang gak keluar di hari-hari pertama setelah melahirkan. Saya termasuk wanita yang beruntung setelah melahirkan, asi langsung keluar meskipun sangat sedikit, sehingga di awal-awal kelahiran saya gak tidur karna si anak bayi tidur 5 menit nangis lagi nyusu 30 menit. Beberapa hari berikutnya asi mulai banyak. si anak mulai kenyang sampe tidur kadang gak mau dibangunin padahal saran dokter disusuin tiap 2 jam, bisa juga seharian si anak bayi gak mau tidur maunya nemplok disusu kanan pindah ke susu kiri.

Asi keluar di hari pertama masalah belum tentu selesai. Saya bekerja, dari awal komit pengen asi 2 tahun. Jadi dari anak umur 2 minggu tiap hari saya pumping. tapi hasilnya sungguh bikin meringis, setiap kali pumping saya paling banyak dapet 50ml saja.
29/11/2015 20.00 cuma segini


Tapi harus tetap semangat, mungkin ini karna si bayi masih mimik langsung ya. Tapi nanya ke sesama busui yang anaknya seumuran kok gak begini, mereka bisa dapat 200 ml, tambah galau. Akhirnya coba cari masalahnya dari mana, mungkin dari pompa asinya, akhirnya saya  ganti pompa lagi.
setelah medela ganti avent
Hasil awal pakai avent sama aja, masih betah di kisaran 40-50 ml. Berarti bukan salah di pompanya. rugi lah saya beli pompa lagi yang harganya gak murah juga. Gak boleh nyerah gitu aja, mulai lirik booster asi yang suka ngehits se instagram. Saya coba beli paket yang terdiri dari mama soya, mama honey dan teh bunda.
booster asi
Ini kandungannya segala jenis ramuan :D, daun katuk, fenugrek dan lainnya. Rasanya alhamdulillah luar biasa gak karuannya :D. Mama honey manis biasa, mama soya rasanya ada manis-manisnya gitu tapi masih masuk akal. Teh bunda rasanya buat saya yang gak suka jamu ini nauzubillah gak enaknya. Mama honey duluan habis, teh bunda saya minum beberapa kali doank. Mama soya beli beberapa kali.

Hasil setelah menggunakan booster asi alhamdulillah hasil pumping meningkat. Apa karna booster asi atau memang karna kebutuhan bayi mulai meningkat maka hasil pumping ikut meningkat juga. Tapi hasilnya mulai bikin semangat.

sekali pompa bisa 120 ml
Semua saran yang saya baca dan di kasih tau senior pepumpingan saya ikutin, mulai dari pompa tengah malam, pumping bangun tidur. hasilnya bisa nyetok asi di freezer. Sekali pumping bisa dapat 200 ml kalo pagi. Rasanya dapat 1 botol sekali pumping itu amazing banget apalagi dapat 200 ml.

Metode saya pumping itu ditarget. awal-awal asi masih dikit saya target sehari mesti dapat 1 botol 100 ml, Mau itu 3 kali pumping atau 4 kali pumping yang penting harus dapat 1 botol. Mendekati masuk kantor asi mulai deres minimal sehari 2 botol atau 200 ml. Karena udah deres sering melebihi target 2 botol, bisa dapat 3 botol isi 120 ml. Sebelum ngantor saya bisa punya stok segini.

Sekarang anak saya pas 1 tahun, saya masih pumping, sampe sekarang belum dikasih sufor. Alhamdulillah stok asip masih ada di freezer.

Meng-ASI-hi itu butuh dukungan, atau ibu-ibu menyusui jangan mudah melow dengan kata orang-orang sekitar yang suka bilang asi kita gak cukup. Dukungan keluarga sangat diperlukan apalagi buat ibu baru, apa kata orang sama kita yang belum ngerti banget langsung mengiyakan demi anak. Padahal itu belum tentu benar. percaya dan yakin kalo ibu-ibu menyusui lain bisa nyetok asi se frezer sampai sewa frezer kita juga pasti bisa.

Postingan ini tidak bermaksud menggurui atau menghakimi yang menggunakan sufor (susu formula). Semua ibu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Ibu yang baik bukan ibu yang memberikan asi atau yang memberikan sufor untuk anaknya, tapi ibu yang baik adalah ibu yang bahagia menjadi ibu.

Postingan panjang kali ini sampai disini dulu yaaa, semangat belajar jadi ibu moms.

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com